Peran SDM di suatu perkerjaan banyak mengalami perubahan yang sangat drastis termasuk teknologi dan cara pengerjaannya. Untuk menyiapkan SDM yang profesional dan dapat diserap oleh dunia kerja dibutuhkan pengembangan metode pembelajaran yang dinamis dan kekinian. Salah satu pengembangan metode pembelajaran yang dapat dilakukan diperguruan tinggi adalah menerapkan metode pembelajaran Project Base Leaarning. Metode ini menekankan pada aspek mengerjakan proyek yang hasilnya dapat dirasakan oleh mahasiswa antara lain pengetahuan, kemampuan, sikap dan minat mahasiswa agar dapat melakukan sesuatu dalam bentuk kemahiran dalam belajar dengan penuh tanggung jawab, nyata dan mandiri. Salah satu mata kuliah pilihan di Aks-Akk Yogyakarta yang membantu menyiapkan SDM yang berkualitas yaitu mata kuliah modelling, dimana dalam evaluasi pembelajarannya dilakukan secara langsung di luar publik agar Masyarakat umum dapat melihat kompetensi mereka.

Mata kuliah modelling ini mengenalkan materi-materi diantaranya sejarah model fashion, inner beauty, gaya hidup model dan Kesehatan, syarat fisik / non fisik menjadi model fashion, perlengkapan yang harus dimiliki seorang model fashion, expresif n gaya untuk model fashion dan teknik- teknik dasar model catwalk.

Tujuan dari evaluasi pembelajaran modeling yang diselenggarakan di Sleman City Hall pada tanggal 12 Mei 2024  ini mahasiwa Aks- Akk Yogyakarta  faham tentang dunia modelling dan kecakapan sosialnya,  selain itu mahasiswa tidak canggung menghadapi penonton/ masyarakat umum sehingga tanggung jawab dan kompetensi serta kemandiriannya semakin terasah. Kegiatan ini diampu oleh Dosen Dra. Hj. Agoestin Kenalawati, M.Sn yang diikuti oleh 37 Mahasiswa Desain Busana.  Pada kesempatan kali ini diambil 10 besar terbaik dengan kategori : tematik, luwes, expresif, energik, dan serasi. Para peserta mendapatkan trophy dan sertifikat penghargaan sebagai wujud apresiasi telah mengikuti mata kuliah modelling.