Pesta Olahraga Asia Tenggara (bahasa InggrisSoutheast Asian Games) atau biasa disingkat SEA Games adalah ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Pada tahun 2018, SEA Games di adakan di Jakarta – Palembang dimulai tanggal 18 Agustus- 2 September 2018. Semangat SEA Games sudah dikobarkan sejak jauh – jauh hari. Berbagai macam kegiatan dilaksanakan untuk mendukung dan mempromosikan acara dua tahunan SEA Games. Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni pembuatan busana pendukung SEA Games yang berupa busana casual.

Proses pembuatan busana pendukung tersebut dikerjakan oleh siswa-siswa SMK dan mahasiswa prodi Tata Busana dari beberapa kampus se-Jateng dan DIY. Akademi Kesejahteraan Sosial “ AKK” sebagai salah satu peserta. Khususnya Prodi Tata Busana mengirimkan empat orang mahasiswa untuk mengerjakan busana pendukung SEA Games. Keempat mahasiswa tersebut antara lain: Darin Ermira, Umi Nur Habibah, Frida Fitriyandini, dan Fitria Fatmawati. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dua tempat yakni SMK Negeri 4 Solo dan SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Pelaksanaan proses pembuatan busana tersebut dimulai tanggal 20-22 Juli 2018. Untuk peserta AKS-AKK Yogyakarta bertempat di SMKN 1 Sewon Bantul.

Mahasiswa prodi Tata Busana AKS-AKK Yogyakarta membuat tiga macam busana casual untuk wanita dan satu busana casual untuk pria. Bahan yang digunakan yakni batik cap yang bermotif maskot SEA Games dikombinasikan dengan kain polos. Teknik penyelesaian menggunakan teknik halus dan bervuring. Selain membuat busana casual, mahasiswa juga membuat aksesoris pelengkap busana yakni bandana untuk yang wanita dan ikat kepala untuk yang pria. Proses pembuatan busana tersebut dalam tempo tiga harus sudah jadi dan selanjutnya pada tanggal 23 Juli 2018 akan dipresentasikan di hadapan Ibu Imam Nahrawi (Istri Menteri Olahraga) yang bertempat di PT. Sritex Tbk.

Selanjutnya pada tanggal 23 Juli 2018, hasil karya mahasiswa AKS-AKK berangkat ke PT. Sritex Tbk dengan membawa empat hasil karya busana casual untuk dipresentasikan. Selanjutnya dipilih satu hasil karya dari tiap-tiap kelompok untuk di tampilkan di istana negara.

Puji syukur, dengan ikut berperan aktif dan memberi dukungan pada acara SEA Games ini, mahasiswa prodi Tata Busana banyak memperoleh manfaat salah satunya menumbuhkan semangat kebangsaan. SUKSES UNTUK AKS-AKK YOGYAKARTA.